Selasa 3 Desember 2019, bertempat di SD 08 Sungai Rumbai Nagari Sungai Rumbai dilakasanakan Acara Germas serta HKG_PKK KKBPK KB KES Tingkat Kecamatan Sungai Rumbai.

Kesehatan masyarakat sangat berkaitan erat dengan perilaku dan lingkungan yang mana perilaku sangat berperan penting dalam menentukan derajat kesehatan. Penyakit dengan kategori Penyakit Tidak Menular (PTM) sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Di samping itu, lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan, dengan diikuti perilaku hidup bersih dan sehat, kesadaran akan menjaga lingkungan akan ikut dengan sendirinya.

Perlu kita ketahui bahwa di era globalisasi sekarang ini, Penyakit Tidak Menular seperti stroke, jantung, kencing manis, diabetes dan lain sebagainya banyak menyebabkan kematian dan kesakitan terbesar dan tidak memandang usia baik muda. Hal ini bisa disebabkan perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik seperti kurang berolahraga, rendahnya mengkonsumsi sayur dan buah, terlalu sering memakan makanan olahan siap saji, tinggi gula, garam dan lain sebagainya.

Berbagai polemik tentang kesehatan terjadi, untuk itu mari kita wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang akan menjadi panduan bagi lintas sektor terkait dalam berpartisipasi aktif mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat.

Di acara tersebut juga dilaksanakannya deklarasi Stop BABS (ODF). Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan cuci tangan tidak pakai sabun dapat mempengaruhi kejadian penyakit menular diantaranya penyakit Diare, Thypoid dan lain-lain. Dengan Stop BABS dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun dapat memutuskan rantai penularan penyakit.

Dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat dapat mewujudkan Kecamatan Sungai Rumbai menjadi Kecamatan yang sehat. Saya berharap kegiatan ini nantinya dapat membudayakan masyarakat  Stop Buang Air Besar Sembarangan dan mari biasakan melakukan cuci tangan pakai sabun. 

Nagari Sungai Rumbai menyambut baik kegiatan  KG PKK KKBPK KES  ini dilaksanakan di Nagari Sungai Rumbai yang sungguh luar biasa bisa terintegrasi dengan kegiatan lain seperti :

  1. deklarasi ODF
  2. Germas zone
  3. HKN ke 55
  4. Pelayanan kb dan iva
  5. Ptm dan pemeriksaan HIV
  6. Puskel
  7. Donor darah
  8. Lomba lomba
  9. Penyerahan hadiah kegiatan 2018/2019
Bagikan Berita