Pemerintah.Nagari– Pada hari Rabu (28/12) pagi, bertempat di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat (Sumbar), Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar menggelar acara Penyerahan Anugerah Pemeringkatan Badan Publik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017.

Pemeringkatan Badan Publik tahun ini didasarkan pada nilai Keterbukaan Informasi Publik sejumlah Badan Publik di Sumbar yang dibagi ke dalam 8 kategori, yakni: Kategori Nagari/Desa, Kategori OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar, Kategori Kabupaten/Kota se-Sumbar, Kategori Instansi Vertikal, Kategori Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD), Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS), Kategori Partai Politik, dan Kategori Sekolah Menengah.

Ketua Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat , Samsuridjal  pada sambutannya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya dalam memberi dorongan terkait kepatuhan badan publik di Provinsi  Sumbar terhadap UU 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi badan publik.

Nagari Sungai Rumbai Kecamatan Sungai Rumbai dan Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, berhasil meraih penghargaan pemeringkatan bidang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) kategori nagari atau desa tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan itu diserahkan oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Padang pada Rabu (27/12) kepada para pemenang KIP.

Menurut salah seorang anggota PPID Kabupaten Dharmasraya, M Anggun Muzakkar di ruang kerjanya Kamis (28/12), bahwa penilaian sudah dilaksanakan sejak dua bulan yang lalu.

Dari empat nagari yang diikutsertakan dalam penilaian tersebut, dua diantaranya berhasil meraih juara II dan III, yaitu Nagari Sungai Rumbai dan Sungai Duo. Sementara juara pertama diraih Nagari Sungayang Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya untuk PPID Utama yang dipimpin Kabag Humas Atrizal ini, Kabupaten Dharmasraya harus rela melepas gelar juara pertama tahun 2016 lalu, kepada PPID Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2017. Saat ini, PPID Dharmasraya hanya memperoleh peringkat keempat.

Peringkat badan publik pada masing-masing kategori di Provinsi Sumatera Barat  , sebagai berikut:
A. Kategori Nagari/Desa
1. Nagari Sungayang (Kab. Tanah Datar)
2. Nagari Sungai Rumbai (Kab. Dharmasraya)
3. Nagari Sungai Duo (Kab. Dharmasraya)
4. Nagari Sikabu-Kabu, Tanjuang Haro (Kab. 50 Kota)
5. Nagari Tebing Tinggi (Kab. Dharmasraya)

B. Kategori OPD Sumbar
1. RSUD Achmad Muchtar
2. RSJ. Prof. H. B. Saanin
3. Dinas Lingkungan Hidup
4. Badan Keuangan Daerah
5. Badan Kepegawaian Daerah

C. Kategori Pemerintah Kab/Kota
1. Kab. Tanah Datar
2. Kab. Padang Pariaman
3. Kota Bukittinggi
4. Kab. Dharmasraya
5. Kab. 50 Kota

D. Kategori Instansi Vertikal
1. BPS Sumbar
2. BPKP Sumbar
3. BPK Sumbar
4. KPU Sumbar
5. Balitbu Tropika Sumbar

E. Kategori BUMN/BUMD
1. PT Semen Padang
2. PLN Sumbar
3. BPJS Kesehatan Sumbar
4. PT Jamkrida Sumbar
5. PT Balairung Citra Jaya

F. Kategori PTN/PTS
1. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang
2. Universitas Negeri Padang (UNP)
3. Politeknik Negeri Padang
4. STKIP PGRI Padang
5. Yastis Padang

G. Kategori Partai Politik
1. PDI-Perjuangan
2. PKB
3. PKS
4. Partai Demokrat
5. Partai Perindo

H. Kategori Sekolah Menengah
1. SMK 4 Kota Padang
2. MAN 2 Batusangkar
3. SMK 7 Kota Padang
4. MAN Kota Solok
5. MAN 2 Kota Padang.

 #sumber : KI Sumatera Barat 2017

Bagikan Berita