Ketua Aswana Dharma Rasul Hamidi : Semua Nagari Agar Bersiap Jadi Nagari Statistik

Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat, Dr. Sukardi mengatakan, Nagari Sungai Duo merupakan nagari statistik satu satunya di Indonesia dan merupakan nagari statistik pertama saat ini di Indonesia. Hal itu disampaikan Sukardi saat didapuk memberi sambutan pada acara pencanangan nagari statistik di Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya Rabu (4/9/19).

Munculnya Nagari Sungai Duo sebagai nagari statistik satu satunya di Indonesia dan yang pertama kali ada sejak negeri ini lahir 74 tahun silam, tentu memunculkan semangat bagi nagari lainnya di kabupaten berjuluk Ranah Cati Nan Tigo ini. Itulah sebabnya Ketua Asosiasi Walinagari se Kabupaten Dharmasraya (ASWANA DHARMA) H. Rasul Hamidi Dt. Saridano mengajak seluruh walinagari untuk mencontoh nagari Sungai Duo dalam hal statistik nagari.

Menurut walinagari Sungai Rumbai ini, data statistik merupakan bagian integral dari sistem pemerintahan. Jika data statistik itu lengkap adanya, terintegrasi dengan kecamatan dan kabupaten, dan juga akurat, maka pengambilan keputusan oleh pemerintah bisa cepat dan tepat dilakukan. Itulah sebabnya, statistik merupakan salah satu prasyarat untuk menciptakan pemerintahan yang. bersih dan akuntabel.

“Sebagai ketua ASWANA DHARMA, saya menghimbau kepada seluruh walinagari se Kabupaten Dharmasraya untuk membangun statistik nagari di nagari masing masing. Jika belum paham, maka kita bisa datamg ke Sungai Duo. Insyaalah, kita akan dapat banyak pelajaran,” kata Rasul Hamidi Dt. Saridano.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak semua pihak untuk senantiasa bekerja dengan penuh semangat. “Alhamdulilkah kita masih bisa membuat sesuatu yang baik dan dapat dicontoh oleh daerah lain supaya menjadi baik. Oleh karenanya, jajaran Pemkab Dharmasraya agar memberikan bimbingan bagi nagari Sungai Duo,” kata bupati termuda di Indonesia itu.

Bagikan Berita