Sungai Rumbai, Pemerintah Nagari Melaksanakan Pelatihan Budidaya Ikan Lele di dalam Tong/Drum dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga masrayakat nagari sungai rumbai serta upaya pemanfaatan lahan pekarangan.

Kegiatan ini dibiaya dengan menggunakan Dana Desa TA 2019 Melalui bidang pemberdayaan, peserta merupakan perwakilan tiap-tiap Jorong yang ada di nagari sungai rumbai dengan total 30 Peserta dan dilaksanakan selama dua hari (4-5 Oktober 2019 ).

Dalam pelatihan ini peserta dibekali ilmu-ilmu dasar pengelolaan Lele dari Tahap penyiapan Kolam/Tong sampai dengan proses Panen, Panitia mendatangkan Narasumber Yaitu Bpk. Hely Andri,MT yang merupakan Ketua Kelompok Budidaya Lele dari Nagari Kurnia Selatan yang sudah bergerak dan berhasil dalam pembudidayaan Lele selama ini.

Dengan adanya pelatihan ini tentunya peserta dapat memahami tata cara dan kelola Pembudidayaan Ikan Lele. Karena melihat pasar saat Ijinmasih tingginya permintaan ikan Lele di sungai rumbai Kemudian melihat masih banyak lahan pekarangan runah masyarakat yang belum digarap secara maksimal.

Kita berharap dengan pelatihan ini akan muncul pembudidaya ikan lele di nagari sungai rumbai sehingga dapat menjadi penopang ekonomi keluarga peserta yang mengikuti pelatihan kemudian ilmu didapat dalam pelatihan inibdapat di implementasikan serta peserta diharapkan menjadi duta dalam penyebaran ilmu kepada masyarkat lainnya, menurut Bpk. Randi Febrianto,SH selaku Sekretaris Nagari sungai rumbai beliau sampaikan disaat acara penutupan.

Bagikan Berita