Mahasiswi KKN UNRI Buat Foot Press Handsanitizer (Alat Penggunaan Handsanitizer Tanpa Sentuh) Sebagai Bentuk Pengabdian UNRI

Dalam rangka memutus penyebaran covid-19 dan memasuki masa New Normal, Mahasiswi KKN UNRI membuat alat penggunaan handsanitizer tanpa sentuh yang disebut dengan Foot Press Handsanitizer di Kecamatan Sungai Rumbai. Foot Press Handsanitizer ini di distribusikan di Kantor Camat Sungai Rumbai, Kantor Wali Nagari Sungai Rumbai, dan Puskemas Sungai Rumbai.


Memasuki New Normal, bukan berarti masyarakat terbebas dari bahaya penularan virus Corona atau covid-19. Akan tetapi, masyarakat dituntut untuk mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak/physical distancing, sering mencuci tangan, dan menggunakan handsanitizer.


Mahasiswa KKN UNRI yang diketuai oleh Syauqi Susana Rahmani ini membuat Foot Press Handsanitizer yang ramah lingkungan dan penggunaannya sangat praktis sehingga dapat digunakan oleh masyarakat Sungai Rumbai.


“Pembuatan Foot Press Handsanitizer ini merupakan inovasi kami untuk membantu masyarakat Kecamatan Sungai Rumbai dalam upaya pencegahan penularan covid-19 dan bertujuan untuk mengurangi kontak langsung terhadap benda (handsanitizer) yang berpotensi dapat menjadi media penularan covid-19 dimana cara kerjanya dengan menginjak bagian bawah Foot Press Handsanitizer lalu bagian atas Foot Press akan menekan botol handsanitizer sehingga cairan handsanitizer keluar dan cara kerja ini tidak menyentuh bagian atas botol handsanitizer tersebut,” ujar Syauqi.

Sementara itu, Dea Lusiana sebagai salah satu anggota mahasiswa KKN UNRI menambahkan dengan adanya Foot Press Handsanitizer ini diharapkan dapat bermanfaat dan dipergunakan oleh masyarakat Sungai Rumbai ketika beraktivitas di luar rumah dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Mahasiswa KKN UNRI yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Syauqi Susana Rahmani dari Program Studi Biologi, Nesa Apriani dari Program Studi Administrasi Bisnis, dan Dea Lusiana dari Program Studi Sosiologi.

Bagikan Berita