Dharmasraya Kembali Surplus Listrik dan Kembali Jadi Surga Investasi

Gardu induk PLN yang menjadi bagian dari tol listrik sumatera telah selesai dibangun. Letaknya di Sungai Rumbai, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya. Mendapat pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga panas bumi di Kabupaten Solok Selatan. Gardu induk itu menjadi stasiun listrik dengan kapasitas 20 KVA, yang akan mendistribusikan arus listrik di Kecamatan Sungai Rumbai dan sekitarnya.

Gardu induk yang dibangun PLN Wilayah Sumatera Barat dan menelan dana Rp 0,5 triliun itu Senin (9/12/19) hari ini diresmikan penggunaannya oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama General Manajer PLN Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto. Peresmian itu sekaligus menandai suplai arus listrik PLN di Kabupaten Dharmasraya surplus. Kondisi surplus ini akan terjadi selama 20 tahun ke depan dengan asumsi adanya sejumlah investor yang akan menanamkan modal di bidang industri, jasa dan perhotelan di Dharmasraya.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebut, dengan hadirnya GI PLN di Sungai Rumbai, pihaknya akan kembali memanggil investor yang sebelumnya urung berinvestasi lantaran ketersediaan listrik yang tidak memadai. Namun setekah GI Sungai Rumbai Beroperasi, maka investor akan dipanggil kembali. “Saya yakin investor akan banyak masuk karena pasokan listrik yang selama ini jadi kendala sudah bisa diatasi,” kata Sutan Riska.

Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN yang sudah memprioritaskan pembangunan GI Sungai Rumbai. Dengan hadirnya GI Sungai Rumbai, maka kebutuhan listrik sudah terpenuhi, daya sentrum tidak naik turun dan peralatan elektronik masyarakat tidak kerap rusak. hal tersebut benar benar jadi anugerah buat Dharmasraya. “Ini menunjukkan betapa pemerintah pusat sangat perhatian ke Dharmasrays. Terima kasih pak Presiden,” imbuh Sutan Riska.

Sentara General Manajer PLN Wilayah Sumbar Bambang Dwianto mengatakan pembangunan GI Sungai Rumbai merupakan salah satu yang tercepat selesainya. Itu lantaran dukngan Bupati dan Pemkab Dharmasraya, terutama masalah perizinan, keamanan dan proses lainnya. “Semuanya dipermudah oleh PakBupati dan jajarannya,” kata Bambang.

Bambang mengharapkan, ke depan Pemkab Dharmasraya harus proaktif dalam pengembangan investasi, agar cadangan listrik ini bisa segera dimanfaatkan. Jika ketersediaan pasokan listrik bisa segera dimanfaatkan , maka masyarakat dan juga PLN yang akan beruntung. “Saya titip proyek ini, mudah mudahan terus dapat dmanfaatkan untuk kemaslahatan semua umat,” kata Bambang Dwianto.

#bicarafakta
#SR_sanginovator
#RJM_palingetop

Bagikan Berita